Home » » Tips Cepat Memilih Helm Yang Baik dan Aman

Tips Cepat Memilih Helm Yang Baik dan Aman

Berikut ini adalah beberapa tips membeli helm yang baik :


1. Pilih helm yang punya bagian dalam lembut


Pada bagian dalam helm, yang perlu untuk anda perhatikan adalah bahan kain yang digunakan. Sangat disarankan untuk memilih bahan dari kain yang sangat lembut dan mempunyai kemampuan untuk maksimal menyerap keringat, mengingat pada saat berkendara kemungkinan untuk berkeringat sangatlah besar. Jika bahan yang digunakan sangat lembut, maka agan pun akan tetap nyaman ketika memakainya dalam waktu yang lama ketika agan berkendara dan menempuh jarak yang jauh.

2. Carilah helm yang nyaman ketika dipakai


Ukuran helm sangat beragam. Agan jangan sungkan untuk mencoba satu persatu helm ketika membeli. Sesuaikan dengan ukuran kepala agan. Jangan sampai kekecilan atau kebesaran. Jika hal ini terjadi, maka agan tidak akan nyaman ketika memakainya. Ukuran helm yang tepat akan membuat agan nyaman ketika memakainya disaat berkendara.

3. Memilih helm yang mempunyai 2 lapis kaca


Jika agan amati, ketika siang hari cuaca sangat panas, maka dari itu agan perlu menggunakan kaca yang gelap. Namun, ketika malam hari maka kondisi akan gelap, maka dari itu agan perlu memakai kaca yang terang ketika berkendara dimalam hari. Jadi, cari helm yang memiliki 2 kaca, gelap dan terang agar agan nyaman ketika berkendara di siang hari maupun malam hari.

4. Pilih helm yang full face


Helm full face adalah helm yang menutupi kepala dan wajah secara keseluruhan. Hal ini sangat bagus untuk perlindungan agan ketika berkendara. Selain itu, tipe helm ini lebih mampu memberikan perlindungan dari debu, serangga, batu, air dan berbagai polusi di jalanan lainnya. Rahang dan gigi agan pun akan aman terlindungi.


5. Agan juga bisa memilih minimal helm open face


Helm open face adalah tipe helm yang terbuka di bagian rahang. Jadi, ada alternatif lain selain helm full face. Namun, yang paling aman adalah helm tipe full face. Helm open face ini juga bagus dari segi keamanannya, namun masih kalah aman dari tipe helm yang full face. Semua kembali kepada anda masing-masing.


6. Lebih baik membeli helm yang sesuai standarisasi


Helm yang sesuai standar akan memberikan kenyamanan dan tiangkat kemanan yang maksimal. Helm seperti ini memang terbilang mahal, namun apalah artinya sebuah harga mahal untuk hel bila dibandingkan dengan keselamatan agan ketika berkendara. Tidak ada artinya bukan? jadi bijaklah dalam membeli helm. Lihat dan periksalah apakah helm yang akan agan beli bisa dibongkar pasang dibagian dalamnya. Hal ini cukup penting agar ketika helm dicuci, bagian dalamnya bisa agan lepas dulu. Jadi kebersihan helm agan akan bisa terjaga dan bisa bersih maksimal.

7. Bagian luar helm harus keras


Biasanya helm yang baik pada bagian luarnya terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan keras pada bagian luar helm memang sangat penting untuk perlindungan maksimal. Lapisan luar helm yang keras atau disebut dengan istilah hard outer shell memang menjadi indikasi kualitas sebuah helm.


8. Bagian dalam yang tebal


Helm yang baik adalah sebuah helm yang memiliki desain bagian dalam yang tebal. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi lapisan luar helm yang keras. Bagian dalam yang tebal akan memberikan manfaat untuk dapat meredam benturan dan gesekan yang mungkin saja terjadi pada saat helm mengalami benturan keras dengan sebuah benda. Jadi, tengkorak belakang tengkorak agan akan aman dari kemungkinan mengalami keratakan. Bahan yang sering digunakan untuk membuat bagian dalam helm yang tebal ini adalah dari bahan styrofoam atau polysyrene.

9. Mika Helm Nyaman untuk Memandang


Pastikan mika helm yang terpasang nyaman untuk memandang. Kalau bisa, pilih mika yang bening dan tidak mempunyai efek cekung atau cembung supaya tidak membuat pusing kepala atau bahkan mengurangi jarak pandang.


10. Periksa Sertifikasi Helm


Biasanya standardisasi keamanan di masing-masing negara berbeda. Untuk Amerika Serikat mempunyai sertifikasi DOT yaitu Department of Transport atau Snell Memorial Foundation (Snell). Jepang mempunyai Japanese Industrial Standard atau JIS. Sedangkan di Indonesia, helm-helm yang beredar di pasaran wajib mempunyai standar keamanan SNI atau Standar Nasional Indonesia.

11. Label SNI cetak timbul


Carilah helm yang ada label SNI dengan cetak timbul. Helm yang memiliki tulisan dan tulisannya cetak timbul sudah diakui oleh nasional dan aman untuk digunakan.

Yang terakhir penting ni gan sesuai isi dompet

12. Perhatikan harganya


Ketahuilah bahwa helm yang memiliki harga Rp. 100.000 ke bawah biasanya berlabel SNI palsu. Untuk itu, sangat disarankan agar Agan memilih helm berlabel SNI yang harganya sekitar Rp. 200.000 saja. Harga tersebut tidak mahal dibandingkan dengan biaya perawatan rumah sakit jika agan mengalami kecelakaan.


Nah, mungkin itulah beberapa tips membeli helm yang baik tersebut. Bagaimanapun juga keselamatan dalam berkendara adalah hal yang utama yang perlu anda perhatikan. Banyak faktor lain yang berperan besar dalam kemanan berkendara. Misalnya saja, tidak ngebut, taat aturan lalu lintas, tidak mengantuk saat berkendara dan lain sebagainya.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. GUDANG HELM DAN AKSESORIS MOTOR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger